5 Cara Tetap Sehat dan Aman Saat Menyantap Daging Kurban

5 Cara Tetap Sehat dan Aman Saat Menyantap Daging Kurban

Pada saat selesainya idul adha, pastinya ditandai dengan penyembelihan hewan kurban dan kamu pastinya akan merayakan hal ini dengan berbagai macam hal. Sapi dan Kambing adalah hewan kurban yang dijadikan hewan kurban di Indonesia. Biasanya di idul adha ini banyak hidangan seperti sate, sop, gulai sapi, dan masih banyak lainnya.

Namun harus berhati-hati mengkonsumsi daging kurban berlebihan pun tidak baik. Maka dari itu saya ingin memberi tips untuk tetap sehat saat setelah mengkonsumsi daging kurban sebagai berikut.


1. Memisahkan antara daging dan jeroan
Di antara kesalahan yang kerap terjadi adalah mencampur antara daging dengan jeroan. Jeroan yang dicampur akan mengakibatkan kontaminasi pada daging, menimbulkan bau dan mengotori daging. Daging yang dicampur dengan jeroan akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, seharusnya dipisahkan antara daging dan jeroan mulai dari pembersihan, penyimpanan, maupun saat pengolahan.

2. Menyimpan Daging dengan Benar

Daging yang tidak segera dimasak harus disimpan dengan cara yang benar agar tetap segar. Caranya adalah dicuci bersih dengan air yang mengalir. Diusahakan dicuci dengan air yang bersih, baik air sumur maupun air PAM. Hindari mencuci di sungai karena akan menyebabkan kontaminasi kotoran dan kuman pada daging dari air sungai yang umumnya sudah tercemar. Setalah dicuci bersih, daging bisa disimpan di freezer.

3. Mengolah daging dengan higienis

Dalam mengolah daging kurban, kebersihan pisau dan alat-alat lain yang digunakan harus diperhatikan. Cuci terlebih dahulu alat-alat yang digunakan hingga bersih. Pisahkan antara daging dan jeroan, cuci secara terpisah. Saat memasak, hendaknya memasak daging hingga benar-benar matang. Hal ini untuk menghindari kuman yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang diolah setengah matang, ada kemungkinan masih mengandung kuman dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Pada prinsipnya daging kurban boleh diolah dengan berbagai macam jenis masakan. Yang penting prosesnya higienis dan diolah sampai benar-benar matang.

4. Perbanyak Minum Air Putih Serta Konsumsi Buah dan Sayur

Air putih dapat memperlancar pencernaan dan membantu membuang racun-racun dalam tubuh. Sayur dan buah juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk. Selain dapat memakan buah-buahan pencuci mulut, bisa juga menyisipkan lalapan sayuran seperti mentimun atau tomat dalam hidangan daging kambing atau sapi.

5.Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Daging

Sesuatu yang berlebih-lebihan tidak baik bagi tubuh kita. Termasuk berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi daging. Walaupun daging merupakan sumber proteindan lemak serta kaya akan mineral yang penting untuk tubuh, namun bila dikonsumsi berlebihan juga akan menyebabkan bahaya kesehatan bagi tubuh. Mengkonsumsi daging berlebihan akan meningkatkan kolesterol jahat yang merugikan tubuh. Hal ini berbahaya terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung.

Comments

Popular posts from this blog

Yenny Wahid Menegaskan Bahwa Warga NU Tidak Harus Memilih Ma’ruf Amin

Inilah 3 Penyebab Timbulnya Rasa Sakit di Punggung

4 Makanan Ringan yang Sehat dan Tidak Bikin Gendut